Manfaat Branding dan Cara Endorsement Agar Bisnis Berkembang


Selain produk yang berkualitas, dalam menjalankan bisnis salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam memulai sebuah bisnis adalah bagaimana Anda membranding produk Anda. Branding merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi Anda dan kemajuan bisnis yang Anda jalankan agar bisnis Anda bisa dikenal, diminati dan cepat dalam pemasarannya sehingga mampu meningkatkan sebuah konversi penjualan.

Manfaat Branding Bisnis

Dalam berbisnis, ada beberapa hal tentang tujuan dan manfaat branding untuk bisnis yang Anda perlu tahu. Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang apa saja tujuan dan manfaat branding untuk bisnis yang harus Anda pahami. Check these out!

Tujuan dan Manfaat Branding untuk Bisnis 


Branding baik untuk pencitraan produk dan perusahaan

Manfaat Branding Bisnis

Pencitraan sebuah brand bukan hanya sekedar bagaimana kita menguasai market dan menang dalam melawan para pesaing produk yang sama dengan produk yang Anda tawarkan. Akan tetapi dengan brand dan suatu layanan yang baik dapat mensugestikan kepada konsumen Anda bahwa hanya perusahaan Anda saja yang menjadi satu-satunya penyedia solusi untuk masalah atau kebutuhan mereka.

Memberikan dorongan kepada konsumen menggunakan produk Anda
Hal selanjutnya yang juga menjadi aspek penting dalam branding sebuah produk adalah memberikan dorongan kepada konsumen secara tidak langsung untuk membeli produk Anda atau jika bisnis Anda di bidang jasa maka untuk menggunakan layanan yang Anda tawarkan.

Manfaat Branding Bisnis

Ketika mereka sudah tertarik dengan branding yang Anda berikan atas sebuah produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung mereka akan turut memberikan dukungan juga promosi kepada orang-orang yang paling dekat mengenai produk yang Anda tawarkan. Hal ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa atas penjualan produk Anda.

Kepuasan menjadi faktor turunan dari tujuan branding, konsumen yang puas itu mencakup dua aspek yaitu aspek produk yang dibeli dan juga aspek pelayanan dua hal ini yang akan diingat terus oleh konsumen, jika kedua aspek ini kurang diperhatikan kemungkinannya ada dua:

  • Konsumen tidak melakukan transaksi pembelian
  • Konsumen melakukan pembelian tapi tidak kembali lagi untuk membeli
Produk dan pelayanan adalah dua aspek penting dalam bisnis, perkuat dua hal ini agar proses branding bisnis anda mudah disampaikan ke publik dengan baik.


Mendapatkan loyalitas dari pelanggan setia Anda
Menjual sebuah produk agar laku sudah bukan hal yang sulit saat ini, terlebih lagi dengan faktor perkembangan teknologi semua serba mudah. Yang menjadi tantangannya adalah bagaimana caranya agar konsumen mau membeli lagi produk kita

Manfaat Branding Bisnis

Agar bisa mencapai itu kita butuh proses branding produk, agar konsumen terus ingat tentang produk yang kita tawarkan manfaatnya dan kegunaannya seperti apa, plus yang terpenting lagi adalah faktor adding value produk. Berikan value tambahan kepada konsumen, lazimnya saat ini sering dikenal dengan istilah bonus, atau cashback, atau buy 2 get 1 dan lain sebagainya...

Memberikan daya tarik kepada konsumen
Dengan Anda melakukan branding, maka lambang produk bisnis Anda secara otomatis nantinya akan tersimpan pada memori konsumen. Karena itu memilih pihak yang memberikan ide brand itu penting karena biasanya mereka akan memikirkan logo terbaik yang dapat dimanfaatkan.

Manfaat Branding Bisnis

Branding yang cukup baik, terpercaya, menarik dan dilakukan secara terus menerus nantinya akan membuat konsumen tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh produsen tersebut. Hal ini tentu juga menjadi aspek yang sangat penting dalam memilih pihak yang bekerjasama dengan bisnis Anda dalam menciptakan sebuah brand.

Sebagai ciri khusus Karakter Produk Bisnis Anda
Branding yang kuat tentu nantinya akan semakin memudahkan konsumen dalam membedakan sebuah produk yang Anda miliki dengan produk pesaing Anda baik dari logo produk, logo perusahaan bahkan juga sampai dengan kepercayaan konsumen yang lain dalam menggunakan sebuah produk yang sama.

Tanpa branding yang baik maka produk Anda akan sulit dikenali karena produk yang baik adalah produk yang memiliki identitas. Sementara tanpa branding yang baik entah itu pada nama, logo dan kemasan maka produk Anda akan terkesan sama, tak ada yang unik, berbeda dan tak ada yang bisa diingat oleh konsumen dan calon konsumen.

Peluang Untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimum Jauh Lebih Besar
Harga jual sebuah produk juga ditentukan atas produk yang Anda hasilkan. Sehingga ketika suatu produk sudah cukup dikenal baik oleh khalayak maka produsen akan jauh lebih mudah untuk menetapkan harga jualnya yang lebih tinggi.

Harga jual produk juga ditentukan atas ciri khas, keunikan dan bagaimana seorang pengusaha bisa memberikan kesan “kualitas super” pada produknya. Semisal jika seorang pengusaha memiliki usaha keripik kentang, mereka tentu harus bersaing dengan usaha di jenis yang sama. Karena itu agar usaha keripik kentang Anda memiliki nilai plus dan lebih dikenal, maka keripik kentang Anda harus punya keunikan, hal inilah yang bisa menjadi pintu gerbang untuk proses branding berkelanjutan

Manfaat Branding Bisnis

Cara Melakukan Endorsement Agar Bisnis Makin Berkembang

Endorsement merupakan salah satu cara untuk memperluas pemasaran serta memperluas branding produk agar proses pengenalan jauh lebih luas lagi. Selain itu endorsement juga berguna untuk menunjukkan bahwa produk kita masih tetap exis (ada)


Step Awal: Tentukan Budget promosi yang disediakan 
Besaran budget menentukan manuver promosi yang dilakukan, budget anda besar tentu promosi yang anda lakukan juga jauh semakin besar dan angka pemasarannya pun akan semakin masif, efeknya adalah proses branding yang anda lakukan semakin cepat dan semakin luas dampaknya kepada calon konsumen anda.

Step Kedua Konsep Branding Yang dilakukan 
Setelah poin kedua diatas sekarang konsep tentang branding seperti apa yang ingin anda tawarkan, tentu hal ini harus dilihat dari karakter produk yang anda jual. Jika produk yang anda jual marketnya adalah remaja-pemuda dengan range umur 18-25 tentu kampanye dengan konsep kreatif sangat dianjurkan.

Step Ketiga: Public Figure Sebagai Media Kampanye 
Modal udah ada, tinggal tentukan siapa aktor promosinya, tentu public figure menjadi pilihan paling mudah karena mereka sudah dikenal luas dan juga sudah melekat dalam ingatan public, problemnya adalah jasa mereka tentu lebih mahal dibandingkan oleh non-public figure.

Semuanya bisa disiati dengan penggunaan platform sosial media berbasis fans base, follower dan sejenisnya, ada banyak orang biasa yang memiliki potensi pemasaran yang baik. Gunakan mereka sebagai agen promosi anda selain hemat anggaran, proses branding juga tetap berjalan walau budget anda minim.

Step Keempat: Mengusahakan Agar Terus Rutin Endorsement
Konsep udah ada dana sudah tersedia, figure yang ditampilkan juga sudah bersedia, sekarang tinggal masuk fase, bagaimana endorsement tersebut bisa berjalan rutin. Untuk bisa menjawab hal tersebut lihat dulu beberapa aspeknya seperti:

  • Kekuatan Modal Kampanye Anda (dengan modal resource yang anda punya sekarang ini berapa lama anda bisa rutin melakukan endorsement)
  • Efek pengenalan produk dan jumlah transaksi anda (pelajari setiap hal dalam endorsement agar dana yang anda keluarkan tidak sia-sia)


Step Kelima: Feedback atau Tanggapan 
Feedback menjadi unsur cukup penting dalam endorsement, seperti testimoni konsumen, ataupun tanggapan dari para calon konsumen, hal ini penting untuk menjaga agar produk yang anda endorse tetap dekat dengan masyarakat. Dengan menjawab setiap komentar publik itu juga bisa menguatkan aspek endorsement produk anda

Media Online Sebagai Sarana Endorsement Produk

Media Sosial
Dengan Anda melakukan endorsement produk kepada para artis atau selebgram, atau pun mereka yang memiliki pengikut cukup banyak, maka produk yang Anda jual bisa dikenal oleh masyarakat  lebih luas lagi dengan cepat. Sebab, followers atau pengikuti artis atau selebgram ini akan memperhatikan dengan seksama produk yang di posting lewat akun artis atau selebgram tersebut. Nah, dari sinilah biasanya Anda akan mendapat tambahan pengikut atau followers, like, dan orderan.

Media sosial adalah pintu gerbang untuk memperluas jangkauan produk anda, minimal orang sudah mulai melirik produk anda walaupun belum terjadi konversi penjualan. Inti dari media sosial endorsement adalah membuat public melirik produk anda, dengan begitu peluang terjadi pembelian semakin besar...

Hemat biaya pemasaran produk
Bagi anda yang budgetnya terbatas tentu media online menjadi solusi praktis dengan efek bombastis. Ada banyak orang yang bisa anda ajak kerjasama dalam pengenalan produk anda. Apalagi saat ini ada banyak sekali public figure yang terang-terangan membuka jasa endorse dengan harga terjangkau. Tentu hal ini harus ditangkap sebagai peluang untuk branding produk anda.

Jangkauan Luas Dan Cepat 
Televisi masih menjadi media promosi terbaik, namun kedepannya semua akan bergeser perlahan-lahan menuju media online. Sekarang waktu seseorang itu banyak dihabiskan dimedia online, sosial media, baca-baca website atau blog, dll. Media online memiliki jangkauan yang sama luasnya dengan tv dengan ongkos yang lebih murah tentunya. Jadikan online media sebagai basis branding produk anda agar mudah dikenal oleh banyak orang...

Itulah tadi beberapa hal tentang branding dan juga tentang endorsement semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi serta referensi dalam pengembangan bisnis anda...dan bagi kalian yang suka dengan info-info unik bisa dilihat dalam kategori info unik bisnis